TIPS AGAR TANAMAN PADI TIDAK ANCUR

By | 27 September 2018

Hallo guys, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul TIPS AGAR TANAMAN PADI TIDAK ANCUR, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel TIPS DAN TRIK, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Untuk menghindari  hal  itu para petani melakukan perawatan yang intensif agar tanaman mereka tidak roboh .Menanam atau budidaya tanaman padi  dapat dikatakan gampang -gampang susah, mengapa dikatakan demikian karena tanaman padi bila terlalu gemuk / vigor  dapat roboh bila terkena hujan dan angin terus menerus , dan apabila tanaman padi kurus , hasil panen akan minim, maka dari itu sebagain  petani mengambil jalan tengah – tengahnya atau jalan aman.yaitu tidak terlalu gemuk / vigor dan tidak kurus .

Penyebab tanaman padi roboh ada 2 yaitu ;

  1.  Tanaman padi terlalu gemuk /vigor : batang padi tidak cukupkuat menopang daun dan buah padi .terkena hujan dan angin sedikit sudah roboh.
  1. Pangkal batang  tanaman padi busuk/ pepes : ini disebabkan penggenangan yang dilakukan terus menerus  ketika tanaman padi  sudah berbuah.

Untuk menghindari tanaman padi roboh  ini ada beberapa trik:

  1. Pemupukan yang terkontrol dengan baik. misalnya pemupukan menggunakan Urea hanya dilakukan 1 x saja ketika pemupukan pertama dilakukan dan selanjutnya menggunakan ZA .
  1. Pengairan  sebaiknya dikurangi ketika tanaman padi  telah menguning. pengairan dilakukan  seminggu sekali  bila tidak turun hujan.
  2. Apabila  pemupukan telah terkontrol   tetapi tanaman padi masih terlalu gemuk lakukan pemotongan daun pada bagaian atas . caranya daun bagaian atas dipotong kira kira 15 cm dengan menggunakan sabit,dan pemotongan dilakukan ketika tanaman umur 45 – 50 hst tidak lebih dari itu. tujuan pemotongan adalah mengurangi beban pada batang tanaman padi, agar kuat nantinya bila menopang buah padi bila terkena hujan dan angin.

2.  Pemotongan daun bagaian atas tanaman padi.

3.  Tanaman padi mulai berbuah setelah beberapa waktu pemotongan daun.

 Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ..semoga bermanfaat.

selamat mencoba…….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *