HAMA TANAMAN KACANG TANAH

By | 23 Juni 2018

Hallo guys, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul HAMA TANAMAN KACANG TANAH, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel HAMA DAN PENYAKIT, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

HAMA PADA TANAMAN KACANG TANAH.

  1. Uret / Embuk

Hama uret atau embuk menyerang tanaman dari dalam tanah dengan cara memakan akar tanaman sehingga menyebabkan lalyu dan akhirnya mati.

Cara penanggulangannya: dengan menyebarkan obat anti hama yaitu regent/ furadan pada akar tanamn bersamaan dengan pemupukan.

  1. Ulat grayak dan ulat daun 

Menyerang daun muda dan tunas pada kacang tanah sehingga tanaman tidak dapat trubus / bersemi.

Cara penanggulangannya semprot dengan insektisida buldog, curacron ,niagara, arjuna dll

  1. Ulat  tanah  ( agrotis  ipsilon)

Hama ini menyerang bagaian akar tanaman menyebabkan suplai sari makanan terhenti selanjutnya layu dan mati, ulat tanah menyerang disaat matahari mulai tenggelam pada malam hari.

 Cara penanggulangannya  : taburkan furadan / regen ke tanah bersamaan dengan pemupukan atau disebarkan tersendiri takarannya 12 kg / ha.

  1. Ulat Jengkal

Ulat jengkal berwarna hijau muda menyerang daun pada tanaman  kacang tanah , menyebabkan daun berlubang – lubang , pada serangan hebat dapat menghabiskan seluruh daun kacang tanah.

Cara penanggulangannya : semprot dengan insektisida berbahan aktif klorfenafir, sipermetrin ,dll

  1. Hama kutu putih

Hama kutu putih menyerang daun kacang tanah dengan menyerap sari makanan di daun bagaian dalam , sehingga pertumbuhan terganggu dan menjadi kerdil.

Cara penanggulangannya : semprot dengan insektisida berbahan aktif Imidakloprit  ( merk dagang : interprit , convidor, avidor ,dll) dan abamectin  ( merk dagang : demolish, d’mectin, dll)

  1. Cabuk / jenis kutu – kutuan

Hama cabuk seperti kutu putih tapi berwarna hitam menyerang tanaman kacang tanah dari balik daun dengan menyerap nutrisi makanan dari tulang daun.

Cara penaggulangan nya seperti diatas, semprot dengan insektisida berbahan aktif Imidakloprit di tambah dymethipo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *