CARA MEMBUAT PERANGKAP SERANGGA PADA TANAMAN HORTIKULTURA

By | 23 September 2018

Hallo guys, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul CARA MEMBUAT PERANGKAP SERANGGA PADA TANAMAN HORTIKULTURA, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postinganArtikel TIPS DAN TRIK, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

MEMBUAT PERANGKAP LALAT BUAH / SERANGGA pada tanaman  hortikulturta , Lalat buah adalah jenis serangga yang umumnya menyerang tanaman hortikultura dengan menyengat dan meletakkan telur pada buah ,tanaman hortikultura yang menyebabkan buah menjadi cacat dan  busuk. Apabila menyerang daun pada tanaman bawang merah disebut lalat daun atau grandong,menyebabkan daun cepat mengering dan mengeluarkan larva putih serta bau busuk.

   Untuk menanggulangi hama lalat buah ataupun lalat daun ada beberapa cara yang sering dilakukan para petani ,walaupun itu tidak 100% , setidaknya mengurangi hingga 60-80 %, perangkap ini selain untuk lalat buah juga bisa untuk hama/ serangga  yang lainnya seperti jenis kutu , kaper , mrutu dan lain-lain.Ada beberapa model perangkap lalat buah /serangga yang saya lakukan ,antara lain:

  1. Perangkap lalat buah / serangga dengan menggunakan lampu .

Cara ini umumnya di gunakan untuk perangkap jenis lalat/ serangga pada tanaman bawang merah.

Bahan- bahannya : kabel listrik, nampan /baki, air , minyak ,kayu penopang / tempat lampu dan tempat air.

Caranya: buat rumahan kecil untuk tempat lampu dengan kayu diatas, yang kuat lalu bawahnya ada nampan tempat air dan minyak.Perangkap ini bekerja pada malam hari ketika lampu menyala dan menarik para serangga untuk berkumpul di lampu neon ,lalu jatuh ke baki/nampan berisi air dan minyak.cara ini dapat mengurangi hama / serangga 80 %.

  1. Perangkap lalat buah / serangga dengan lem

   Bahannya antara lain: botol aqua bekas, lem tikus dan tajuk untuk meletakkan botol bekas yang telah di olesi dengan lem tikus , pasang pada kanan dan kiri tanaman , dan olesi lem tikus 1 mingtgu sekali atau apabila lem mengering .perangkap ini setidaknya mengurangi hama sebesar 65 %.

 

  1. Perangkap lalat buah / serangga dengan cairan Petrogenol.

   Bahan yang di butuhkan untuk perangkap ini antara lain : botol bekas air mineral, kawat, kapas, petrogenol,air dan paku untuk melubangi botol.

   Cara membuatnya ;  botol bekas air mineral dilubangi bagaian atasnya untuk jalan masuk lalat buah,botol diisi dengan air kira-kira 1/3 dari tinggi botol, kapas dililitkan pada kawat lalu diolesi dengan cairan petrogenol dan di masukkan kedalam botol  dengan diatas air(jangan sampai terkena air) lalu botol di paku atau diikat dengan tajuk, diletakan di samping tanaman , bau cairan petrogenol akan menarik lalat jantan masuk kedalam botol dan akhirnya mati , dan selanjutnya lalat betina akan mandul ,begitu teorinya ….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *