CARA MEMBERI PUPUK TANAMAN BAWANG

By | 14 Agustus 2018

Hallo guys, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul CARA MEMBERI PUPUK TANAMAN BAWANG MERAH, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel TIPS DAN TRIK, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Pada  pemupukan tanaman bawang merah pada tanam musim penghujan dan musim kemarau ada perbedaannya , yaitu masalah kebutuhan (N) Nitrogen-nya, pada waktu musim hujan kebutuhan nitrogen tanaman  dibantu dari  air hujan  yang mengandung  Nitrogentinggi , sedangkan untuk tanam musim kemarau hanya didapat dari tanah saja . Apa bila tanaman kelebihan zat nitrogen  ,pada waktu musim penghujan  akan menyebabkan tanaman terlalu subur dan mudah terserang penyakit seperti busuk daun, embun tepung , bakteri dll. Dan sebaliknya bila kekurangan zat nitrogen pertumbuhan tanaman akan  lambat dan kerdil. Untuk itu diperlukan pemupukan serta pemilihan kandungan pupuk yang tepat.

   Berikut ini akan saya sampaikan trik atau cara pemupukan tanaman bawang merah pada tanam musim penghujan dan kemarau yang biasa saya lakukan.

Pemupukan tanaman bawang merah pada waktu tanam musim hujan.

   Tanaman bawang merah memerlukan nutrisi yang tinggi maka harus ada pupuk dasarnya , pupuk dasar atau pupuk  sebelum tanam yaitu bokashi atau kompos yang sudah hilang kandungan gas amoniaknya  ditebarkan pada hamparan lahan sebelum pembedengan , takarannya  7-10 ton /ha ,atau kurang sedikit .

   Pemupukan susulan pertama yaitu pada tanaman umur 1 minggu , berbandingan  komposisi pupuk  antara N , P dan K   yaitu :  1: 2: 2,5 / 3 , ( N = 1, P = 2 , K=2,5/ 3) unsur  P ( Phostphat), K (Kalium) lebih tinggi dari  N (Nitrogen) karena untuk mengimbangi unsur N dari air hujan agar  pertumbuhan tanaman seimbang atau untuk menguatkan batang agar dapat menopang pertumbuhan daun yang vigor.

tabel pemupukan tanaman bawang merah pada musim hujan

Pemupukan umur Nitogen (N) Phosphat (P) Kalium (K) Lainnya
1 7 hari 170 kg/ ha 350 kg/ha 90-100 kg/ha Furadan  14 kg / ha
2 21 hari 210 kg /ha 400 kg/ha 350 kg/ha
3 28- 30 hari * 210kg/ ha 350 kg /ha Furadan 14kg/ ha

ket *= tambahkan sedikit unsur N bila tanaman masih kurus. Bila sudah vigor / gemuk ,unsur N tidak di berikan.

Nitrogen ada pada pupuk : phonska. NPK Mutiara , NPK pak tani,

Phosphor terdapat pada : SP 36, phospat, dll.

Kalium terdapat pada : K, Zk plus, Kalium plus dll.

   Cara pemupukan dengan ditugal sedalam 5 cm di sela tanaman , satu lubang tugal untuk 4 batang tanam, bekas tugal di tutup dengan tanah setelah pupuk di masukkan. Untuk pengairan tidak dilakukan bila hujan ,apabila tidak turun hujan dalam 4 – 5 hari setelah pemupukan  segera lakukan pengairan.

Pemupukan tanaman bawang merah pada tanam musim kemarau.

Tanam bawang merah pada musim kemarau memerlukan cara,komposisi, pemupukan yang berbeda dengan musim penghujan.

   Pemupukan dasar yaitu bokashi atau kompos  10 ton per ha  ditebar di hamparan sawah sebelum di bentuk bedengan  dan di tambah  ZA / Phonska / Npk 125 kg/ ha + TSP / SP =  300 kg/ ha, lalu di bentuk bedengan.

Untuk pemupukan selanjutnya lihat pada tabel dibawah ini:

Tabel pemupukan tanaman bawang merah pada musim kemarau

 

Pemupukan Umur Nitrogen (N) Phosphat (P) Kalium (K) Lainnya
1 7 hst 220 kg /ha 300 kg/ ha 125 kg /ha Furadan 14kg/ ha
2 21 hst 250 kg /ha 280 kg / ha 280 kg/ ha
3 28 -30 hst 240 kg/ ha 200 kg/ ha 280 kg/ ha Furadan 12 kg/ ha

 

  Cara pemupukan dengan di buat alur pada parit  atau di tugal lalu pupuk disebar di sela tanaman  tiap  2 parit  tanaman  1 alur pemupukkan lalu di timbun dengan sedikit tanah dan dilakukan pengairan.

    Bila tanaman kurang vigor , unsut N dapat di tambah .Cara pemupukan seperti diatas.

   Untuk memenuhi kebutuhan unsur micro seperti : boron, zn , fe, dll dapat ditambahkan melalui kocor tiap 2 minggu sekali.

Demikian cara atau teknik pemupukan tanaman bawang merah yang sering saya lakukan .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *