CARA BUDIDAYA CABAI RAWIT DI POT

By | 18 Oktober 2018

Hallo guys, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul CARA BUDIDAYA CABAI RAWIT DI POT, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Budidaya, Artikel TANAMAN PANGAN, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

MENANAM/ BUDIDAYA CABAI RAWIT DI POT / POLYBAG, Menanam cabai / cabe rawit tidak hanya dilakukan di tanah sawah yang luas tetapi dapat dilakukan di rumah di pot / polybag . untuk yang ingin mencukupi kebutuhan dapurnya secara mandiri dapat menanam sayur – sayuran di pot / polybag di rumah masing – masing , selain itu bila ada hasil yang melimpah dapat di jual di pasar. Pada kesempatan ini akan saya sampaikan cara menanam cabai rawit di pot / polybag.

Menanam cabe / cabai rawit di pot / polybag.

Persiapan benih

 Benih cabai rawit didapat dari buah cabai yang sudah masak ,dipilih buah sehat , tidak cacat dan varietas yang baik ( genjah , tahan penyakit).caranya belah buah cabai lalu keluarkan bijinya  selanjutnya cuci dan pisahkan dari  serat / selaputnya kemudian jemur sampai kering . untuk proses pembibitan pertama lakukan perendaman bibit selama 10 jam dengan air hangat  kemudian angkat dan tiriskan airnya  selanjutnya bungkus dengan kain selama 24 jam agar berkecambah.

Persiapan media pot/ polibag 

Siapkan pot / polybag , bagaian bawahnya beri lubang , kemudian sediakan tanah campur dengan bokashi ,atau di tambah abu sekam , lalu masukan ke pot / polybag dan tambahkan obat anti hama Furadan  1 sendok makan ,selanjutnya siram dengan air sampai basah merata .

Penanaman cabai rawit 

Ambil biji cabai rawit yang telah berkecambah lalu benamkan ke tanah di pot / polybag lalu tutup dengan sedikit tanah .

Perawatan tanaman

Penyulaman dilakukan bila ada tanaman yang mati diganti dengan tanaman yang baru , atau penjarangan dilakukan bila tanaman tumbuh terlalu rapat.

Penyiraman tanaman yang masih baru dilakukan setiap hari  dan bila sudh tumbuh ,penyiraman dilakukan 5- 8 hari sekali .

Pemupukan tanaman cabai dilakukan umur 10 hari dan dilanjutkan seminggu sekali gunakan jenis NPK  yang di jual eceran  pada took pertanian atau  pupuk kompos dan pupuk cair , bila tidak ada bisa gunakan vietsin 1 sdm tiap tanaman.kemudian siram sampai pupuk meresap ketanah.

Pengendalian hama  pada tanaman cabai rawit gunakan pestisida hayati yang ramah lingkungan

Pemanenan tanaman cabai rawit dilakukan setelah umur 2,5 bulan tergantung varietasnya ada jenis genjah ada yang agak dalam .

Demikian artikel tentang cara menanam / budidaya cabai rawit di polybag / pot . semoga bermanfaat .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *